Bangun Rumah? Ini Dia Tips Memilih Jasa Arsitek yang Tepat

400 views

Saat bangun rumah, seringkali dipusingkan dengan desain yang akan dipilih. Ada banyak pertimbangan, apakah akan memakai jasa desain rumah atau tidak. Namun jika Anda akan menggunakan jasa arsitek, berikut ini adalah beberapa tips memilih jasa arsitek yang tepat ketika akan bangun rumah.

Jasa arsitek sebenarnya cukup penting agar tak salah perencanaan saat mendirikan rumah. Oleh karena itu, tak ada salahnya memilih jasa yang tepat agar tak salah pilih. Selain memilih jasa professional, penting juga mempertimbangkan reputasinya.

Tips Memilih Jasa Arsitek

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Jasa Arsitek

Tarif arsitek

Biasanya tarif arsitek bisa dibedakan berdasarkan jam konsultasi, luas bangunan, jenis bangunan dan persentase biaya konstruksi. Untuk mengetahui patokan tarif, sebaiknya hubungi asosiasi profesi arsitek di sekitar. Organisasi arsitek umumnya menyepakati tarif bersama sebagai layanan jasanya.

Asosiasi arsitek

Melanjutkan hal di atas, sangat penting bagi kita untuk mencari jasa arsitektur yang tergabung dengan asosiasi arsitek resmi. Arsitek yang tergabung dengan asosiasi resmi memiliki tarif yang lebih transparan. Apalagi jika sampai terjadi sesuatu, maka kita bisa berkonsultasi dengan asosiasi tersebut. Tentunya lebih mudah mencari solusi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Revisi desain

Proposal desain akan diserahkan ke pemesan sebelum proses pembangunan dimulai. Kita bisa saja memberi masukan soal desain yang dibuat. Sebab nantinya kitalah pemilik rumah, buka sang arsitek. Terkadang, di tengan jalannya pembangunan juga bisa terjadi revisi, yang tentunya harus dengan persetujuan kita.

Kontrak kerja

Kontrak kerja terjadi setelah proposal desain disetujui. Melalui kontrak kerja, akan diatur berapa biaya arsitek dan perjanjian antara hak dan kewajiban masing-masing pihak. Kontrak kerja ini disediakan oleh arsitek, oleh karena itu harus dibaca dengan cermat dan teliti.

Menghubungi kontraktor

Jasa arsitek akan sekaligus menghubungi kontraktor yang akan diteruskan melakukan pembangunan rumah. Biasanya arsitek sudah memiliki jaringan dan siap memilihkan kontraktor terbaik. Nah, jika tidak ingin dicarikan jasa kontraktor, kita bisa juga mencari jasa kontraktor sendiri. Namun jika memilih dicarikan kontraktor oleh arsitek, sebaiknya lihatlah rekam jejak kontraktor tersebut. Diskusikan juga biayanya, jika beruntung kontraktor yang disediakan oleh jasa arsitek malah lebih terjangkau.

Proses pembangunan

Jika sudah menyerahkan desain ke arsitek dan proses pembangunan ke kontraktor, kita juga harus mengawasi proses pembangunan. Jangan hanya berpangku tangan, kita juga harus rutin mengontrol proses pembangunan yang dilakukan. Selain mengontrol dan memastikan prosesnya lancar, mengobrol dengan tukang di lapangan juga bisa menambah wawasan. Mengobrol dengan tukang tentang harga-harga material juga bisa menghindari markup harga yang dilakukan kontraktor.

Masa retensi

Sama seperti saat kita membeli gadget, kita juga mempertanyakan masa garansinya. Hal ini pun kurang lebih sama, masa retensi diperlukan jika terjadi kerusakan-kerusakan ringan yang membutuhkan perbaikan. Umumnya masa retensi ini selama 3 bulan. Garansi yang diberikan biasanya meliputi atap bocor, dinding retak, engsel rusak dan kerusakan lainnya yang membutuhkan perbaikan.

Tips Agar Tak salah Pilih Arsitek

Umumnya, biaya desain arsitek antara 5% dari RAB(Rencana Anggaran Biaya). Harga ini sangat setimpal dengan apa yang akan didapat nantinya. Dan ketika sudah yakin akan menggunakan jasa arsitek untuk bangun rumah, selanjutnya yaitu memilih arsitek yang tepat.

Saat ini Anda dapat dengan mudah mencari jasa arsitek. Apalagi dengan bantuan teknologi & internet, jasa arsitek bisa dengan mudah ditemukan. Selanjutnya, untuk memilih jasa arsitek yang tepat, simak tips berikut.

Lihat portfolio

Arsitek handal tentunya memiliki portfolio yang jelas. Semakin banyak portfolio, tentunya semakin berpengalaman dalam bidang arsitektur. Dari portfolionya, bisa dilihat dengan jelas kualitas dan kuantitas seorang arsitektur. Arsitek professional pastinya memiliki gambar kualitas baik dan tidak murahan. Gambar akan terlihat cukup halus layaknya penampakan asli. Tak ada distorsi, bahkan tampilan pohon & mobil pun cukup natural. Jika sudah yakin, buatlah janji untuk pertemuan.

Memiliki brand

Baik arsitek freelance maupun arsitek yang berbadan usaha, tentunya memiliki brand untuk dikenal. Pastikan hanya menghubungi arsitek professional yang memiliki brand jelas. Untuk arsitek berbadan usaha, pastikan memiliki alamat kantor yang jelas, jika arsitek freelance, pastikan memiliki tempat tinggal yang jelas dan mudah ditemui.

Lihat kepribadian

Tak cukup melihat hasil kerja seorang arsitek, tetapi juga perlu mengetahui kepribadian arsitek tersebut. Saat bertemu langsung, lihatlah kepribadiannya apakah termasuk orang yang humoris, supel atau cukup serius. Pilih karakter arsitek yang cocok dengan kepribadian Anda.

Karakter desain

Setiap arsitek memiliki gayanya sendiri yang cukup khas. Tentunya Anda harus mengetahui karakter desain seperti apa yang diinginkan agar sesuai dengan sang arsitek. Contoh saja, jika Anda ingin membangun rumah minimalis, hindari memilih arsitek yang banyak membuat desain klasik. Dengan memilih karakter desain yang tepat, maka keinginan memiliki rumah sesuai impian akan terwujud.

Cari testimoni

Testimoni juga bagian penting ketika kita akan mencari sesuatu, termasuk jasa arsitek. Testimoni dari klien sebelumnya tentunya bisa mengetahui seperti apa kualitas seorang arsitek. Arsitek yang baik akan mendapatkan testimoni positif dari klien-kliennya. Begitu pula arsitek yang kurang berkualitas akan mendapatkan testimoni yang kurang menyenangkan dari klien.

Respon cepat

Kecepatan tanggapan bisa menjadi tanda-tanda arsitek tersebut professional atau tidak. Jika dihubungi via email atau messenger pastikan merespon dengan cepat. Jika sampai berhari-hari tidak merespon, bisa dipertanyakan keprofessionalannya.

Itulah beberapa tips memilih jasa arsitek yang baik saat merencanakan bangun rumah. Jangan sampai salah memilih arsitek sehingga keinginan memiliki rumah sesuai impian tak terwujud.