Bangun Taman Minimalis di Lahan Sempit dengan Vertical Garden

759 views

Kini, memiliki taman di lahan yang sempit bukan mimpi lagi. Dengan konsep vertical garden, keinginan memiliki taman di lahan yang mungil bisa terwujud asalkan bisa kreatif. Dengan biaya yang terjangkau dan proses yang mudah, taman minimalis bisa terwujud tanpa harus mengeluarkan budget lebih.

Vertical garden adalah konsep taman yang dibuat secara vertical. Jika pada umumnya taman dibuat di atas tanah lapang, maka vertical garden tidak lagi. Bahkan tanpa tanah pun vertical garden bisa tercipta. Vertical garden dibangun pada bidang yang tegak lurus seperti misalnya permukaan tembok atau lainnya.

Desain Taman Minimalis di Lahan Sempit Depan & Belakang Rumah

Manfaat Memiliki Taman di Rumah Sendiri

Memiliki taman di rumah sendiri memang banyak sekali manfaatnya. Bukan hanya untuk kesehatan fisik, memiliki sebuah taman juga bisa meningkatkan kesehatan secara mental. Melihat tanaman hijau yang tumbuh segar, bisa membuang energi negatif seperti perasaan sedih, gelisah dan marah. Bahkan berdasar penelitian, orang yang jarang keluar atau melihat tanaman segar cenderung lebih berisiko kesehatannya.

Memiliki taman yang subur bukan hanya bermanfaat untuk kita sendiri, tetapi juga manfaat untuk generasi penerus. Pemandangan taman hijau dan warna warni bisa mendatangkan kebahagiaan bagi orang yang melihatnya. Perasaan juga bisa lebih rileks dengan memandang tanaman hijau dan aroma wangi bunga di taman. Konon, memiliki taman pribadi juga bisa memicu seseorang untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Jika Anda menanam jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan, maka bisa mengambil dari taman untuk dikonsumsi. Tentunya lebih segar dan memiliki efek baik untuk kesehatan tubuh. Menaman jenis bumbu dapur dan sayuran juga bisa menghemat pengeluaran karena bisa dimanfaatkan.

Vertical Garden: Solusi Taman Minimalis untuk Halaman Sempit

Di bawah ini adalah beberapa desain taman minimalis di lahan sempitĀ  yang bisa diaplikasikan di belakang atau di depan rumah.

Taman botol plastik

Taman Minimalis Vertical Garden Depan dan Belakang Rumah

Barang bekas seperti botol bekas minuman juga bisa menjadi ide kreatif mendesain taman vertikal. Botol bekas ini bisa dibuat pot gantung yang unik dan tentunya indah dipandang. Tanpa memerlukan lahan tanah, taman minimalis bisa dibuat dengan mudah. Caranya, potong botol plastik jadi 2 bagian dan sisaskan leher botol seperti di gambar. Setelah itu beri tanah dan tanami dengan sayuran atau tanaman lain. Mengecat pot botol warna-warni juga akan memperindah tampilan taman di rumah Anda.

Taman vertikal dari rak buku

Taman Vertikal Minimalis dari Rak Buku di Depan Rumah

Tahukah Anda, kalau barang sehari-hari seperti rak buku juga bisa dibuat taman yang berisi pot-pot unik. Taruh pot tanaman dengan menggantungnya pada rak buku. Bisa juga tambahkan tanaman menjalar pada tiang penyangga. Selain di luar ruangan, vertical garden seperti ini juga bisa ditempatkan di dalam ruangan. Ditempatkan di depan atau di belakang rumah juga bisa memperindah tampilan rumah Anda.

Bingkai jendela rumah

Desain Taman Minimalis Vertical Garden

Area yang sempit bukan halangan lagi untuk memiliki taman. Dinding di sekitar jendela juga bisa dibingkai dengan tanaman yang indah. Jika tak mau halaman depan rumah terasa polos, cobalah membuat taman dengan teknik vertical garden seperti ini. Pasang panel di sekitar jendela dan gantung tanaman yang ingin ditaruh. Jendela unik dengan bingkai vertical garden tentunya tidak semua orang memilikinya.

Taman gantung fleksibel

Desain Taman Gantung Minimalis Lahan Sempit

Taman gantung yang ini lebih fleksibel, bisa diterapkan di mana saja. Tak terbatas di dinding saja, Anda juga bisa menggantung pot-pot indah di plafon teras atau tempat lain yang diinginkan. Ada banyak teknik yang bisa diaplikasikan, dari tali biasa hingga tali rajutan makrame hingga pot metalik yang berkilau. Taman minimalis seperti ini bisa diterapkan untuk lahan sempit misalnya di depan rumah atau belakang rumah.

Bingka kayu & kawat

Taman Minimalis Desain Vertical

Ini adalah teknik yang terbilang cukup mudah untuk membuat taman minimalis di rumah. Buatlah bingkai kayu dengan kawat untuk menggantung beberapa pot. Ukuran bingkai kayu juga bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan, bisa memesannya ke pengrajin kayu. Tak perlu mengeluarkan biaya besar, taman di rumah bisa tercipta dengan mudah.

Setelah mengetahui berbagai manfaat memiliki taman di rumah sendiri, kini saatnya membuatnya di rumah. Ide desain taman minimalis di lahan sempit di atas bisa diterapkan di depan atau belakang rumah. Selamat berkreasi ya!