Kenali Jenis Pondasi Rumah Berikut ini Sebelum Bangun Rumah

216 views

Pondasi rumah berperan sangat penting dalam sebuah bangunan. Oleh karena itu, mengenali berbagai jenis pondasi juga cukup penting ketika Anda akan membangun rumah impian. Sebab ada berbagai jenis pondasi yang umum digunakan sebagai konstruksi dasar dari sebuah bangunan. Mengenali jenisnya bisa menambah wawasan agar penerapan pondasi lebih tepat pada rumah Anda.

Pondasi Rumah yang Bagus dan Kuat

Karena pondasi itu sendiri berfungsi menahan semua beban di atasnya, maka kualitas konstruksinya harus dipastikan kuat. Ini juga akan menentukan ketahanan dari bangunan yang dibuat secara keseluruhan. Kualitas pondasi juga akan menentukan sebuah bangunan bertahan atau tidaknya ketika terjadi bencana alam seperti gempa dan banjir.

Untuk mengenal berbagai jenis pondasi yang biasa digunakan pada rumah, mari simak terus artikel berikut.

Berbagai Jenis Pondasi Rumah yang Umum Digunakan

Pondasi jenis tapak

Model Jenis pondasi Rumah

Pondasi Jenis Tapak

Jenis pondasi ini cocok untuk bangunan tinggi yang berdiri di tanah lembek. Jenis pondasi tapak terdiri dari tulang beton yang terletak tepat di bawah kolom. Pemasangan tiangnya sampai pada tanah keras sehingga cukup kuat untuk bangunan bertingkat. Kelebihan jenis pondasi ini yaitu biayanya yang relatif murah dibanding jenis lainnya. Untuk galian tanah juga lebih sedikit yaitu hanya pada kolom struktur saja. Untuk bangunan rumah bertingkat jenis pondasi ini lebih unggul jika dibanding penggunaan material batu belah atau batu kali.

Pondasi pelat beton lajur

Jenis Berbagai Pondasi untuk Rumah

Pondasi Pelat Beton Lajur

Untuk biaya pembuatan jenis pondasi juga relatif murah, hampir sama dengan model pondasi jenis tapak. Untuk penggunaan pada rumah bertingkat pun juga terbilang cukup handal dibanding pondasi batu belah. Model pondasi ini juga cukup kuat untuk menahan beban baik secara horisontal(saat terjadi gempa) maupun vertikal(beban di atasnya). Model pondasi pelat beton lajur digunakan jika luas penampang yang memakai pondasi pelat setempat terlalu besar. Karenanya penampang tersebut dibagi dengan memanjangkan lajur agar posisinya tidak terlalu melebar.

Jenis pondasi rakit

Model Pondasi Rumah Jenis Rakit

Model Pondasi Jenis Rakit

Pondasi jenis ini adalah pondasi yang berupa pengaplikasian pelat beton besar yang berfungsi untukĀ  permukaan dari satu atau beberapa kolom dalam garis atau jalur pada tanah. Keunggulan jenis pondasi ini yaitu bisa diaplikasikan pada kondisi tanah lunak atau pada bangunan yang jarak kolomnya sangat dekat dengan semua arah. Pondasi jenis ini cukup kuat karena sisi-sisinya akan saling berhimpitan.

Pondasi tiang pancang

Pondasi Tiang Pancang Model Pondasi TerbaruPondasi Tiang Pancang Model Pondasi Terbaru

Pondasi Tiang Pancang

Pondasi tiang pancang adalah jenis pondasi rumah yang biasa digunakan untuk membangun rumah baik skala kecil ataupun bangunan besar seperti perkantoran dan hotel.Keunggulan jenis pondasi rumah ini adalah mutu betonnya terjamin karena diproses secara pabrikasi. Namun beton ini memiliki bobot yang cukup berat dan ukurannya pun sangat besar.

Pondasi strauss pile

Pondasi Strauss Pile Pada Rumah

Pondasi Strauss Pile

Pondasi ini umumnya hanya digunakan pada bangunan yang tidak memiliki beban terlalu berat. Pondasi jenis strauss pile termasuk jenis pondasi yang masuk dalam kategori dangkal. Kelebihan dari jenis pondasi ini yaitu volume beton yang digunakan tak terlalu banyak. Ujung pondasi pun tak terlalu dalam karena bisa bertumpu pada tanah yang keras. Biaya yang diperlukan pun pastinya tak terlalu besar untuk jenis pondasi ini.

Pondasi rumah jenis sumuran

Model Pondasi Rumah Sumuran yang Kuat

Pondasi Model Sumuran

Jika lokasi bangunan tidak memungkinkan mengangkut tiang panjang, maka jenis pondasi sumuran bisa menjadi solusi. Pondasi sumuran ini dicor di tempat dengan material cor semen, pasir & batu split. Kedalamannya bisa hingga 8 meter dengan diameter antara 60 hingga 80 cm. Jenis pondasi ini cukup kuat untuk rumah berlantai satu maupun rumah bertingkat.

Setelah mengenal berbagai jenis pondasi rumah seperti di atas, kini saatnya memilih jenis pondasi sesuai kebutuhan Anda. Pondasi adalah dasar dari seluruh bangunan. Semakin kuat pondasi, maka semakin bertahan pula rumah yang akan dibangun.

No related post!